Thursday, March 3, 2011

Perfect Pancake a La My Kitchenette

Perfect Pancake a La My Kitchenette
Resep ini adalah modifikasi dari pancake-pancake yang biasa kita jumpai. Kalau di Belanda pancake umumnya berbentuk tipis dan lebar, disebut dengan pannekoek. Kita juga mengenal crepes yang tipis dan renyah itu. Sebagian besar, pancake berbentuk bulat tebal dengan diameter 10 cm-an. Nah, cetakan-panci yang berukuran segitu, cukup susah juga mencarinya…. Saya pernah lihat yang satu panci berisi 4 lubang untuk menuangkan adonan pancake di dalamnya, tapi harganya tidak murah. Setelah uangnya terkumpul… ternyata produknya udah tidak ada…. Sedih banget, padahal cukup praktis juga, sekali bakar, 4 pancake jadi. Bisa juga kita pakai panci anti lengket, tapi yang diameternya kurang dari 18 cm juga sangat sulit didapat. Akhirnya saya coba membuat pancake dengan cetakan kue Lumpur. Hasilnya, cantik! Kecil-kecil dan mungil, hasilnya pun jadi lebih banyak. Memasaknya pun lebih cepat karena sekali bakar, 7 mini pancake bias langsung disajikan panas-panas. Simak resepnya, ya…
Bahan:
Telur 2
Susu 250 cc
Vanili 2 sdt
Margarin 3 sdm, lelehkan
Campuran tepung, aduk rata:
Tepung terigu protein sedang 220 gr
Gula pasir 4 sdt
Baking powder 2 sdt
Garam ¼ sdt
Topping:
Dark cooking chocolate, boleh juga chocolate chips
White cooking chocolate, boleh juga white-chocolate chips
Kayumanis bubuk + gula halus, ayak bersama
Caranya:
o       Kocok telur, susu, dan vanili hingga mengembang.
o       Masukkan margarin leleh.
o       Tambahkan campuran tepung, aduk rata dengan sendok kayu. Diamkan 30 menit.
o       Siapkan cetakan kue Lumpur. Panaskan, oles dengan sedikit margarin. Gunakan api kecil.
o       Isi setiap kawahnya dengan adonan pancake sampai ¾ penuh. Tutup.
o       Ketika masih basah, tetapi hampir kering, taburi dark cooking chocolate dan white-cooking chocolate, kemudian taburi tipis-tipis dengan campuran kayumanis bubuk dan gula halus. Tutup pancinya lagi hingga matang.
o       Sajikan panas-panas.
o       Oh ya, kalau tidak suka manis, ganti saja toppingnya. Adonan pancakenya nyaris tawar, jadi kalau diberi topping asin juga OK, misalnya keju, atau daging asap, atau mentega dan kacang tumbuk.
March 2, 2011


Resep-resep ini diperoleh dari berbagai sumber, mulai dari buku-buku punya nenek hingga hasil browsing di internet. Resep telah diuji coba di My Kitchenette.

No comments:

Post a Comment