Saturday, January 15, 2011

Jahe


Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat popular sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Jahe ini berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas pada jahe disebabkan senyawa keton bernama zingeron.
Penggunaan jahe ini sangat luas, diantaranya dipakai untuk :
o       Sebagai bumbu masak, jahe juga dapat dimakan sebagai lalapan, diolah menjadi asinan dan acar.
o       Pemberi aroma dan rasa pada makanan seperti roti, kembang gula, berbagai minuman
o       Jahe juga digunakan dalam industri obat, minyak wangi dan jamu tradisional.
o       Karena dapat memberi efek rasa panas dalam perut, maka jahe juga digunakan sebagai bahan minuman seperti bandrek, sekoteng dan sirup.
Selain dipergunakan untuk berbagai macam kegunaan diatas, masih banyak manfaat jahe yang lain seperti:
o       Jahe juga berkhasiat sebagai anti-muntah dan dapat digunakan para ibu hamil mengurangi morning sickness.
o       Jahe mengandung dua enzim pencernaan yang penting dalam membantu tubuh mencerna dan menyerap makanan. Pertama, lipase yang berfungsi memecah lemak dan kedua adalah protease yang berfungsi memecah protein.
o       Membuat lambung menjadi nyaman, dan membantu mengeluarkan angin. Bisa meringankan kram perut saat menstruasi atau kram akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak.
o       Menurunkan tekanan darah. Karena jahe dapat merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah, akibatnya darah mengalir lebih cepat dan lancar dan meringan kerja jantung memompa darah.
o       Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung. Gingerol juga diduga membantu menurunkan kadar kolesterol.
o       Selain itu jahe juga dapat membantu tubuh melawan pilek dan flu. Jahe mengandung antioksidan yang membantu menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di dalam tubuh.
Pada jahe ditemukan sekurangnya mengandung 19 komponen bio-aktif yang berguna bagi tubuh. Senyawa kimia yang terdapat pada jahe antaralain :  minyak atsiri yang terdiri dari senyawa-senyawa seskuiterpen, zingiberen, bisabolena, zingeron, oleoresin, kamfena, limonen, borneol, sineol, sitral, zingiberal dan felandren.  Di samping itu, terdapat juga sagaol, gingerol, pati, damar, asam-asam organik seperti asam malat dan asam oksalat, Vitamin A, B, dan C, senyawa- senyawa flavonoid dan polifenol.
Sumber: PD. Hasil Tjandra Jaya Surabaya

No comments:

Post a Comment