Saturday, January 15, 2011

Temulawak


Temulawak (Curcuma xanthorrhiza L.) merupakan tanaman obat-obatan yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Tanaman ini berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan Indo-Malaya. Temulawak mempunyai bunga yang berbentuk unik (bergerombol) dan berwarna kuning tua serta batang pohonnya berbentuk batang semu dan tingginya dapat mencapai 2 meter. Daging temulawak berwarna jingga tua atau kecokelatan dan mempunyai aroma yang tajam menyengat serta rasanya pahit.
Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang dapat dimanfaat untuk kebutuhan manusia antara lain fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol, kurkumin yang terdapat pada rimpang tumbuhan ini bermanfaat sebagai acnevulgaris, disamping sebagai anti inflamasi (anti radang) dan anti hepototoksik (anti keracunan empedu).
Pada umumnya temulawak ini digunakan sebagai bahan pembuatan jamu dan obat. Namun selain itu temulawak juga mempunyai banyak kegunaan lainnya diataranya:
o       Sebagai bahan baku kosmetik.
o       Sebagai pewarna makanan dan minuman yang aman.
o       Sebagai sumber karbohidrat dengan mengambil patinya, kemudian diolah menjadi bubur makanan untuk bayi dan orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan.
o       Temulawak juga mengandung senyawa beracun yang dapat mengusir nyamuk, karena tumbuhan tersebut menghasilkan minyak atsiri yang mengandung linelool, geraniol yaitu golongan fenol yang mempunyai daya repellan nyamuk Aedes aegypti
Sebagai bahan pembuatan jamu dan obat, temulawak ini mampu mengatasi berbagai macam penyakit diantaranya :
o       Mampu membasmi bakteri patogen penyebab karang gigi.
o       Menurunkan lemak darah
o       Pembekuan darah yang bisa menyebabkan stroke
o       Kanker terutama kanker payudara
o       Memperlancar ASI
o       Memperbaiki nafsu makan
o       Mengatasi Sakit maag
o       Memperbaiki fungsi pencernaan
o       Memelihara kesehatan fungsi hati
o       Mengurangi nyeri sendi dan tulang
o       Antioksidan
o       Memperlambat proses penuaan, menghilangkan flek hitam di wajah serta menjaga kelenturan tubuh.
o       Membantu memelihara kesehatan serta menghambat penggumpalan darah
Sumber: PD. Hasil Tjandra Jaya Surabaya

No comments:

Post a Comment