Saturday, January 15, 2011

Ketumbar


Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer yang berasal dari Eropa selatan. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika dikenal sebagai cilantro.
Ketumbar memang lebih sering digunakan sebagai bumbu berbagai jenis masakan di Indonesia. Berbagai jenis makanan tradisional kerap menggunakan bumbu berupa biji ketumbar yang berbentuk butiran beraroma keras. Dengan tambahan bumbu ketumbar aroma masakan akan terasa lebih enak
Ketumbar tidak hanya dapat dipergunakan sebagai bumbu masakan saja, ketumbar juga dapat dipergunakan untuk membantu mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti:
o       Memperlancar pencernaan
o       Meredakan perut kembung
o       Radang lambung
o       Pusing, muntah-muntah, serta influenza
o       Wasir
o       Radang payudara
o       Air mani encer
o       Memperbanyak ASI
o       Tekanan darah tinggi
Dari semua bagian ketumbar, terdapat kandungan-kandungan yang bermanfaat bagi manusia diantaranya sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.
Sumber: PD. Hasil Tjandra Jaya Surabaya

No comments:

Post a Comment