Saturday, January 15, 2011

Pala


Tanaman pala (Myristica fragan Haitt) merupakan salah satu tanaman rempah-rempah asli Indonesia yang daerah produksinya tersebar dari Kepulauan Maluku, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Aceh, dan Papua. Buah pala mempunyai daging buah yang keras, berwarna keputih-putihan, mengandung getah putih, dan rasanya kelat. Diameter buah pala bervarisi antara 3 cm hingga 9 cm. Daging buah pala merupakan komponen terbesar dari buah pala segar yaitu sebesar 83,3%, dibanding fuli 3,22%, tempurung biji 3,94%, dan daging biji 9,54%.
Hampir semua bagian dari buah pala (kulit, daging, biji pala hingga bunganya) mengandung zat-zat yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia diantaranya :
o       Buah pala mengandung zat-zat : minyak terbang (myristin, pinen, kamfen (zat membius), dipenten, pinen safrol, eugenol, iso-eugenol, alkohol), gliseda (asam-miristinat, asam-oleat, borneol, giraniol), protein, lemak, pati gula, vitamin A, B1, dan C.
o       Dari bijinya sangat tinggi kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.
o       Sedangkan fuli atau bunga pala mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati.
Pada umumnya pala dipergunakan sebagai bumbu dapur, bahan pembuatan permen, penyedap kue/roti, minuman penyegar, bahan membuat balsem, serta juga dapat dipergunakan sebagai bahan campuran pembuatan obat atau jamu tradisional.
Dalam industri obat-obatan, buah pala memiliki beragam khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa khasiat dari buah pala diantaranya adalah :
o       Sebagai obat pelepas kelebihan gas di usus dan sebagai obat perut.
o       Sebagai obat mencret.
o       Untuk mengobati diare, muntah, dan mual.
o       Meningkatkan daya cerna dan selera makan.
o       Getah segar yang berwarna kehijau-hijauan dari buahnya (beserta air) dipakai sebagai obat kumur untuk mengobati sariawan.
o       Sabun Pala beguna untuk mengobati encok.
o       Untuk mengobati sakit histeri, dan penyakit sulit tidur.
Sumber: PD. Hasil Tjandra Jaya Surabaya

No comments:

Post a Comment