Saturday, January 15, 2011

Kunyit

Kunir / Kunyit (curcuma longa linn.syn.) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tumbuhan kunir ini mempunyai beberapa fungsi diantaranya dapat dipergunakan sebagai pelengkap bumbu masakan, bahan pembuatan jamu, untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, dan pada umumnya kunir juga digunakan untuk memberi warna kuning pada masakan.
Kunir juga dapat dipergunakan untuk membantu menyembuhkan beberapa penyakit:
o       Sebagai obat anti gatal dan anti kejang serta mengurangi pembengkakan selaput lendir mulut.
o       Sebagai salep untuk mengobati bengkak.
o       Untuk menyembuhkan hidung yang tersumbat.
o       Menyembuhkan gangguan yang berkaitan dengan penyimpangan pada kerja ginjal, terutama pada beberapa kasus-kasus yang ditandai dengan bau badan yang tidak sedap dan mata yang tidak tahan terhadap sinar.
o       Kunir juga sangat efektif untuk menyembuhkan flu/demam pada ibu-ibu hamil
o       Bila dikonsumsi oleh para ibu hamil, dipercaya bayi yang lahir akan bersih dari lemak-lemak yang seringkali menempel/menutupi seluruh badan bayi
Kunir mengandung beberapa vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya kurkumin ,desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin, juga Minyak atsiri/Volatil oil, Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, serta Garam-garam Mineral (zat besi, fosfor, dan kalsium).
Sumber: PD. Hasil Tjandra Jaya Surabaya

No comments:

Post a Comment