Thursday, November 18, 2010

Onde-onde

Onde-onde
Bahan:
Tepung ketan 350 gr
Vanili ½ sdt
Garam ½ sdt
Air hangat 325 cc
Putih telur 1, untuk olesan
Wijen 125 gr, untuk taburan
Minyak, untuk menggoreng
Bahan isi:
Kacang hijau kupas 250 gr, cuci, rendam 1 jam
Gula pasir halus 125 gr
Daun pandan 2 helai, potong 2 cm
Garam ½ sdt
Santan kental 100 cc
Susu kental manis 6 sdm
Cara membuat:
1.      Isi: kukus kacang hijau hingga lunak, haluskan selagi panas. Campur bersama gula pasir, daun pandan, garam, dan santan. Jerangkan di atas api, aduk hingga mengental dan mengkilat. Tambahkan susu kental manis, aduk sebentar, angkat. Pulung tiap ½ sdt adonan isi sebesar kelereng.
2.      Aduk tepung ketan dengan vanili dan garam, sambil tuangi air hangat secara bertahap. Unleni hingga adonan tidak melekat lagi. Tutup dengan plastik agar tidak lekas mengering.
3.      Bentuk bundar adonan sebesar bola pingpong. Pipihkan, taruh 1 bulatan adonan isi di atasnya. Rapatkan dan bulatkan kembali. Kerjakan hal yang sama hingga adonan habis.
4.      Sebelum digoreng, celupkan bulatan ke dalam putih telur, angkat, tiriskan. Gulingkan ke dalam wijen sambil ditekan perlahan-lahan supaya wijen melekat dengan baik.
5.      Siapkan minyak yang banyak dalam wajan, masukkan onde-onde, goreng bulatan di atas api kecil. Setelah matang, besarkan sebentar apinya dan aduk hingga warnanya kekuningan. Angkat dan tiriskan.
·         Agar tidak pecah, goreng memakai api kecil dalam minyak yang tidak panas.
November 18, 2010


Resep-resep ini diperoleh dari berbagai sumber, mulai dari buku-buku punya nenek hingga hasil browsing di internet. Resep telah diuji coba di My Kitchenette.

No comments:

Post a Comment